Sabtu, 04 September 2010

PERTAHANAN UNTUK MENGHADAPI STRESS.


8 FAKTOR UNTUK MEMBANGUN PERTAHANAN TUBUH MENGHADAPI STRESS
Sukar tidur, pelupa dan cepat marah, lekas capek dan tertekan. Persoalan intinya adalah terlalu banyak stress. Apabila kesehatan terganggu, tekanan darah tinggi. Sakit kepala,punggung, gangguan pada kulit, perut mules. Itu semua sebagian dari stress penyebabnya.
Seorang ahli kesehatan menganggap tidak ada salahnya dengan sedikit stress dalam kehidupan ini, karena tubuh kita diciptakan sedemikian rupa untuk menghadapi stress. Oleh suatu mekanisme yang ajaib didalam tubuh kita dalam tempo beberapa detik kita akan siaga merah menghadapi suatu tantangan, ancaman atau situasi yang menggoncangkan. Ini disebut respon lari atau lawan. Dengan energy extra kewaspadaan yang timbul spontan kita dapat, menghadapi situasi itu dan kemudian terlepas. Tubuh akan relaks dan kembali ke fungsi normal.


Permasalahan yang sering timbul adalah banyak orang hidup dengan stress terus menerus. Persoalan dan tekanan hidup itu cukup banyak dan cepat beruntun sehingga kita berada dalam kondisi siaga merah terus menerus berminggu minggu, bahkan berbulan bulan atau bertahun tahun. Tubuh tidak dapat menopang stress yang berkepanjangan tanpa ada saat2 longgar untuk memulihkan kondisi tubuh itu. Jika terdesak terus menerus oleh stress berkepanjangan, tubuh dan pikiran itu cepat atau lambat akan mengalami penurunan fisik dan mental.
Menurut para achli ada 8 faktor untuk mempertinggi mutu kesehatan antaranya : 1 Gizi 2.Olahraga 3.Cukup air 4.Sinar matahari 5. Hidup berencana 6. Udara segar 7 Cukup istirahat 8. Yakin akan kuasa Allah. Penelitian menunjukkan stress bisa bertambah dan berkurang menurut apa yang dimakan. Kopi, teh, gula, dan makanan yang telah diperhalus meningkatkan reaksi stress terhadap tubuh walau sementara waktu, jenis makanan itu seolah olah dapat menekan stress. Selain itu masih ada tembakau dan alcohol.
Makanan alami yang tinggi kadar seratnya memberikan zat gizi seimbang dan merupakan jenis makanan yang terbaik untuk mempertinggi mutu kesehatan tubuh dan mental, kondisi yang amat diperlukan untuk menghadapi stress.
Olah raga cukup efektif untuk meringan kan dan mencegah stress, olah raga menghabiskan hormon stress yang telah dilepaskan kedalam tubuh kita kemudian menggunakan otot yang tegang itu dan membawa relaksasi dan rasa nyaman, jenis olah raga yang terbaik untuk penderita stress adalah jalan cepat, / jogging, bersepeda dan berenang, Olah raga non kompetitif perlu untuk menghilangkan stress.
Cukup air sel sel otak kita sama seperti sel sel lainnya, memerlukan banyak air untuk dapat berfungsi dengan lancar .Air segar dan bersih sangat efektif untuk memulihkan kesegaran, mandi dengan air hangat, atau merendam tubuh dalam air hangat membuat tubuh relaks .
Sinar matahari adalah pembangkit gairah hidup.Cobalah ambil manfaatnya. Banyak kegemaran dapat dilakukan dibawah sinar mentari, Menanam dan merawat bunga, berkebun dapat mengilangkan stress,
Hidup berencana, apapun aktivitas hidup lakukanlah dengan bersahaja, tidak berlebihan, Makan secukupnya, menggunakan waktu ada batas dan kemampuannya tubuh kita, kebiasaan hidup yang kerap kali terlalu banyak tidak ada waktu adalah penyebab stress. Juga yang terlalu sedikit tidak berbuat apa-apa dan jemu pun membuat stress.
Udara segar Ditengah segala pencemaran kita perlu menghirup udara segar, pagi dan malam adalah waktu yang baik untuk menghirup udara segar,selagi segar, Oksigen perlu untuk fungsi dari seluruh tubuh, Pada saat stress cobalah menarik nafas dalam dalam ditengah udara bersih kelegaan akansegera terasa.
Percobaan menunjukan bahwa orang yang kurang tidur dan tidak cukup istirahat, mudah menjadi tegang, gugup, dan emosional. Dalam situasi begini orang mudah sekali menjadi stress.
Yakin akan kuasa Allah factor ini amat penting karena dua alas an pertama sulit sekali untuk mengubah watak kita. Kalau kita meminta Allah utk memberikan kuasa kepada kita untuk mengubah watak kita.ini akan banyak menolong. Kedelapan factor ini akan menjadi ampuh bila dipadukan bersama,akan merupakan perlindungan yang tangguh terhadap stress.
Sumber dari : Buku Rumah tangga dan Kesehatan th. ke 74

Tidak ada komentar: