Kamis, 26 Agustus 2010

BAGAIMANA NIKOTIN SAMPAI DI OTAK


NIKOTIN SANGAT CEPAT MENUJU OTAK

Dalam penelitiannya para ahli pharmocokinetics di New Yersey , AS mengenai pengaruh obat terhadap tubuh, ternyata nikotin rokok mengandung substansi yang menimbulkan kecanduan. Dan tahukah anda bahwa nikotin sangat cepat menuju otak.
Dengan menghisap asap rokok berarti membawa nikotin keotak. Yang besarannya sekali hisap sama dengan satu dosis jumlah obat yang dapat menimbulkan reaksi farmakologis dalam tubuh.


Orang yang merokok setengah pack sehari, sama dengan menelan 25.000 s/d 35.000 dosis nikotin setiap tahun. Obat ini masuk kedarah melalui paru-paru. Hanya diperlukan waktu 7 detik untuk sampai ke otak. Dan apakah yang terjadi setelah nikotin sampai ke otak. Mula-mula ada stimulasi pada systim syaraf sympathetik, termasuk hypothalamus, kemudian organ peripheral. Ini dirangsang oleh dosis rendah, tetapi mengalami depresi dengan dosis tinggi, sehingga perokok mengalami siklus naik turun. Satu batang rokok, dalam waktu beberapa detik stimulasi dialami, tetapi kalau merokok dengan terusan, sambung menyambung, timbul depresi.

Inilah siklus yang menyebabkan kecanduan.
Kondisi sistim syaraf pusat sangat penting untuk kesehatan tubuh kita semua. Bagaimana ia bekerja dalam kaitannya dengan nikotin? Sistim saraf pusat mengantari berita yang disalurkan keotak dan berbagai-bagai organ tubuh, mengeluarkan zat kimia yang disebut catecholamine, berita dikirim baik untuk merangsang maupun menekan fungsi tubuh.
Namun nikotin merubah tiga faktor yang terlibat dalam farmakologi catecholamine ia mempengaruhi kecepatan, jumlah yang dikeluarkan, danjenis yang dikeluarkan.

Setiap subtansi mempunyai fungsi yang ber beda-beda, sebagian bisa saling berkaitan, tetapi kehadiran dari nikotin menciptakan ketidak seimbangan. Bagaimana hal ini mempengaruhi siperokok. Ia bertanggung jawab atas siklus stimulasi serta depressi yang dialami oleh para perokok. Bila mengalami depressi tubuh itu lapar akan catecholamine yang dirangsang oleh tambahan rokok, dan siklus ini berulang sendiri.
Jadi ada kecanduan fisiologis yang timbul. Gejala kecanduan yang jelas adalah perasaan bertenaga, dan lemas bila tidak merokok, ini menunjukkan apa yang sebenarnya terjadi didalam tubuh siperokok. Secara ilmiah berhenti merokok secara mendadak adalah satu-satunya cara untuk mengalahkan kebiasaan merokok. Dari sudut pandang praktis dan ilmiah, berhenti merokok secara mendadak adalah metode yang mantab. Pengaruh rokok terhadap daya tahan tubuh.? Kadar vitamin C dalam level darah para perokok terkuras sampai setengah. Faktor kekebalan tubuh atau daya tahan terhadap penyakit menjadi rawan, karena kadar gula dalam darah meninggi pada kebanyakan perokok. Banyak hal lain yang terjadi dalam tubuh seorang perokok, dan itu pasti mempengaruhi kesehatannya.
Belum lagi kerugian pada orang lain yang berada dilingkungannya, sehingga ia ikut menjadi perokok pasif, karena asapnya secara tidak langsung terhisap oleh orang yang berada didekatnya. Oleh karena itu untuk tempat-tempat umum seperti perkantoran, mall dianjurkan untuk membuat tempat khusus bagi para penikmat rokok, sehingga kegiatannya tetap bisa dijalankan, namun orang lain tidak terganggu. Meskipun orang lain tersebut masih memerlukan manfaat yang dibayar oleh pajak dan cukai rokok. " Dilema " memang.

Sumber diambil dari : Buku "Rumah tangga dan Kesehatan" Th ke.74 terbitan Yayasan Indonesia Publishing House.









Tidak ada komentar: