Rabu, 29 September 2010

MUSIK SEBAGAI TERAPI


DAPAT DIRASAKAN LANGSUNG PROSESNYA
Musik sebagai bentuk terapi seni yang mudah didapat, dan murah, namun tidak setiap musik punya kemampuan menyembuhkan. Bagaimana dengan anda sering mendengarkan music klasik, kemungkinan besar anda akan terhindar dari banyak macam penyakit. Untuk tetap bugar memang diperlukan olah raga, dan lebih bagus lagi apabila diselingi dengan mendengarkan musik .
Musik memang terapi yang dapat dirasakan langsung prosesnya. Seperti halnya menonton teater atau membaca karya sastra, bisa menjadi terapi bagi kesehatan anda. Begitu juga mendengarkan musik, emosi terpengaruh karena seni, dan fisik kita mendapat pengaruh langsung dari emosi. Musik sama pentingnya dengan makan dan minum. Nikmati musik dengan ritme yang berganti2, musik tetap akan membuat segar.
Musik bisa mengurangi rasa sakit, membantu menghadapi stress, menenangkan deppresi, juga meningkatkan daya ingat dan menstimulasi system kekebalan tubuh. Ternyata hasil penelitian memang begitu seperti apa yang disampaikan Asosiasi Terapi Musik Amerika Serikat. Terapi musik tidak selalu berdiri sendiri, sering merupakan komplementer dengan terapi medis, Juga besar fungsinya sebagai bantuan psikologis.

Anda bisa bernyanyi, memainkan musik, atau hanya mendengarkan musik. Semua pengalaman itu melibatkan anda dengan musik secara mental dan fisik. Seseorang suka mendengarkan komposisi Beetoven dan Chopin untuk membantunya tidur nyenyak dan menambah semangat sedangkan untuk menghilangkan ketegangan otot ia memilih music flute instrumental.
Dalam penelitiannya seorang ahli menemukan bahwa terapi music menaikkan kadar salivary immunogloblin A pemicu system kekebalan tubuh. Sedangkan dalam perbaikan kemampuan fisik, ritme atau ketukan bisa menjadi pendorong kesembuhan, Misalnya pada penderita stroke dan parkinson, pasien yang diperdengarkan musik bisa lebih cepat berjalan normal. Di universitas Colorado, seseorang ahli juga menggunaklan terapi music pada pasien stroke dan parkinson. Ternyata mereka yang mendengar hanya 30 menit musik klasik menunjukkan perbaikan dibandingkan dengan yang tidak sama sekali, Ternyata music mampu menjadi terapi maupun mempercepat process kesembuhan dari sakit.
Sedangkan musik sendiri saat ini sangatlah mudahnya untuk menemukannya, ada CD, DVD, atau MP3 yang berisi ratusan lagu dengan harga yang sangat2 murah. Atau tinggal putar radio cari music yang nyaman, seperti pada tulisan artikel kami terdahulu , dimana kita dapat menemukan lagu/music 24 jam nonstop tanpa ada anounser maupun iklan, berita. Tinggal kita pilih sesuai dengan kesenangan kita.
Berikut ini adalah beberapa komposisi music klasik yang diyakini baik untuk terapi, enak didengar dan membuat pikiran, jiwa ,kita segar kembali.
· The Passion of Saint Mattew- Sabastian Bach
· The Nine Symphonies – Beethoven
· Messiah – Handel
· Midsummer Night,s Dream – Mendelssonhn
· The Magic Flute – Mozart
· Canon in D mayor – Pachelbel
· Ave Maria – Schubert
· Swan Lake – Tchaikovsky
· Aida – Verdi
· Parsifal and Lohengrin dan Tannhauser - Wagneresembuhanadi terapi yang maupun mempercepat proces epatak sama sekali, Ternyata musik unaklan terapi musik roke dan parkinson
Kalau bisa menjadikan baik, kenapa kita tidak mencobanya sekarang, agar hidup ini lebih harmonis,dan indah untuk dinikmati
Sumber bacaan : Gaya Hidup Harmonis dan Sucses

1 komentar:

Abigail mengatakan...

Betul sekali artikel ini...kita butuh musik sbg terapi
Salam kenal!


JJ Pet Shop Store Online di Surabaya, terbaik dan terpercaya. Menyediakan beragam kebutuhan hewan kesayangan Anda: Kandang anjing, kucing, kelinci, pembasmi kutu, vitamin herbal Yustrisi, makanan anjing dan kucing merk Ciclos.

Kunjungi web kami http://jjpetshop.com/

HP 0878 5111 7589