Rabu, 07 April 2010

PANGGUNG MUSIK DI TV DUNIA

Bagi yang pecinta musik saat ini sangat sangatlah menyenangkan untuk menikmati hobby nya karena saat ini banyak sekali station tv yang menyiarkan program acara musiknya seperti konsert2 music secara live, maupun klip2 video music, dari berbagai aliran music, mulai rock, pop, country, blues, jazz dari group2 terkenal. Dari berbagai negara dibelahan dunia ini, Eropa, Amerika, China, Japan, India dan lain-lain. Bahkan ada yang chusus menayangkan acara2 musik untuk programnya seperti MTV , CCTV music dari China, dari India Love musik dan masih banyak lagi.

Yang tampil sangat variatif mulai dari group2 yang sangat terkenal saat ini maupun tempo dulu maupun group pendatang baru.


The.BEATLES GROUP LEGENDARIS

Mulai dari rekaman live sampai acara2 latihan mereka menjelang tampil. Sangat infomartif sekali misalnya di saluran TV V.O.A ada acara Studio Jam.s Acara dari group music jazz sedang mempersiapkan rekaman, bisa kita lihat bagaimana profesionalnya mereka, saling mengisi dan masing2 mempertunjukan kepiawaiannya dalam berimprovisasi dengan alat musiknya masing2. Di station RTP ada group music yang memakai alat music acoustic guitar, bass dan biola dan ukulele seperti yang biasa kita kenal dengan music Hawaiian. Pemainnya sudah tengah baya semua tetapi mereka main dengan antusiasnya dan sangat menikmati. Di China dengan satelit Chinasat 6B ada chanel CCTV, China Central TV Musik special channel TV China yang menayangkan acara music. Banyak konser2 musik kolaborasi antara music orchestra modern dan musik traditional meskipun yang dimainkan alat music traditional pemusiknya sangat lah profesional dan sangat indah sekali dan ini mengangkat citra kebudayaan tradisional mereka. Ada yang memadukan anatara jazz dengan memasukkan musik etnik tradicional dari India gendang atau tabla. Mereka berkolaborasi, dengan memasukkan alat music tradisional.


GROUP MUSISI JAZZ

Untuk China yang berpenduduk terbesar saat ini, dan kini selain industrinya maju dan bersaing dengan negara Jepang, Korea , bahkan Eropa tidak ketinggalan dibidang music mereka juga sudah sangat maju, banyak tayangan 2 musik klas dunia maupun lokal, jadi sekarang kemajuan berkesenian , music juga sangat pesat perkembangannya.
Banyak musisi2 handal yang tampil ditayangan TV China, memang benar music adalah bahasa universal yang bisa dimengerti oleh semua orang, walaupun bahasanya dan tulisannya sulit kita mengerti, namun musiknya kita masih bisa menikmatinya. Kalau jaman dahulu sebelum era globalisasi gambaran China adalah negara yang tertutup dengan pemandangan sehari-hari hanyalah pekerja dan karyawan pabrik yang berangkat kerja dengan sepeda dan memenuhi jalan, pabrik2 dengan cerobong asap yang menjulang, sekarang kelihatanya mulai terbuka dengan banyak tayangan budaya2 dan kesenian2 negara lain melalui tayangan tv chanel CCTV. Ingat Olempiade kemarin betul2 spetaculer memadukan antara teknologi dan art, Banyak tayangan music, dan tari2 an, bahkan dance group dan kesenian lainnya digelar.



MUSIC COUNTRY MASIH BANYAK PENGGEMARNYA

Kelihatan dengan banyaknya orang muda yang bergaya hidup seperti orang2 muda dinegara lain, musik demikian pula banyak konser2 orchestra, banyak pula pagelaran2 musik rock kaliber dunia digelar, dan dipentaskan. Meskipun demikian kebudayaan asli tetap berkembang dan banyak musik2 traditional yang ditampilkan. TV dunia yang mengchususkan tayangan music yaitu CCTV , Central China TV, dan MTV banyak menayangkan acara2 TV yang enak dilihat tanpa harus terganggu dengan iklan, meskipun ada namun tidak mengganggu acara. Tayangan music tidak hanya pagelaran / konser2 musik namun adapula film musik , ada musik khusus untuk remaja, untuk kanak, ada panggung musik etnik dan traditional , Film2 biografi pemusik terkenal. Chanel tv Love Musik chanel tv dari India, yang lebih banyak menayangkan video music terutama lagu2 india yang mendayu-dayu dengan penarinya / group dance yang atractif dan dinamis sekali . Cannel tv dari R.A.I Itali sering menayangkan acara live consert music klasik, dengan acara2 yang sangat menyenangkan dan gratis tanpa membayar karena siarannya FTA free to the Air. Lumayan untuk selingan daripada tiap hari menyaksikan tayangan berita politik yang membingungkan orang awam , maka tayangan musik di tv dunia dapat memberikan selingan hiburan yang bisa dinikmati. 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kangen sama salah satu TV swasta yang nayangin khusus MTV seharian ...

Julius Tridjaja mengatakan...

lihat di channel mtv china Intelsat 8 (Fta) lagu2 barat sering diputar disini, thank q sob sdh comment